Senin, 24 April 2017

Barber Woman Pencukur Rambut Cucu Jokowi, Siapakah Dia?


Beritaindonesia.co - Kesempatan bisa datang kapan saja, di mana saja dan dalam bentuk apa saja. Itulah yang dirasakan oleh Yulia Alvatina (37), barber woman yang pada Sabtu, 22 April 2017 lalu berkesempatan mencukur rambut cucu Presiden RI Joko Widodo.

Yulia mengaku bahwa memang baru kali itu dia mencukur rambut cucu seorang Presiden RI. Namun hal itu tidak lantas membuatnya tinggi hati.

"Rasanya biasa saja ya. Sama saja kayak anak-anak yang lain," kata Yulia ketika bercerita kepada detikcom mengenai perasaannya ketika mendapat kesempatan mencukur rambut cucu Presiden Jokowi, Jan Ethes Srinarendra, di Grand Indonesia, Jakarta Pusat, Senin (24/4/2017).

Memang jumlah anak yang telah Yulia cukur rambutnya mustahil untuk dihitung. Dia telah menekuni pekerjaan sebagai barber woman sejak tahun 2001 lalu. Tentu tidak heran jika baginya, semua anak terlihat sama.

"Saya kerja nyukur rambut anak itu sudah dari tahun 2001. Kalau kerja di sini sih (barbershop tempatnya bekerja sekarang) sudah 10 tahun. Jadi sudah banyak anak-anak yang saya tangani. Pengalaman sih nggak terhitung," katanya.

Yulia menceritakan bahwa selama kurang lebih 16 tahun bekerja sebagai barber woman, banyak kejadian unik yang dia alami, terutama pekerjaannya yang harus menghadapi anak-anak. Sembari mengingat dan menceritakan kejadian itu, tawa kecil juga terlihat di raut mukanya.

"Pengalaman sih banyak. Kalau sama anak-anak ada yang nangis. Yang paling parah itu anaknya ada yang sampai muntah-muntah. Alasannya macem-macem, ada yang karena takut sama alat cukurnya, ada yang nggak mau dipegang kepalanya," sebutnya.
Yulia sudah berpengalaman sejak tahun 2001 menjadi barber woman.Yulia sudah berpengalaman sejak tahun 2001 menjadi barber woman. Foto: Heldania Ultri Lubis-detikcom

Yulia yang tinggal bersama kakaknya ini mengaku bahwa jika keadaan sudah seperti itu, dia akan berusaha membujuk. Meskipun tidak semua usahanya berbuah manis.

"Paling kita ajak main dulu. Ya tergantung orang tuanya juga sih. Ada yang akhirnya nggak jadi, tapi ada juga yang bilang dilanjutin saja. Kalau untuk momen bahagianya, dibawa happy saja sih," ucap Yulia sembari kembali tertawa.

Tantangannya pekerjaan Yulia memang tidak mudah. Selain menghadapi anak-anak yang bisa saja sedikit menyusahkan, dia juga terpaksa harus meninggalkan anak-anaknya ketika bekerja.

"Kalau saya lagi kerja, yang jaga anak-anak saya ya kakak perempuan saya. Kita tinggal bareng. Rumah saya di Jalan Percetakan negara II, Jakarta Pusat. Jadi kita satu rumah total ada 7 orang. Keluarga kakak saya ada 4. Jadi ya bisa saling membantu, kakak saya bisa bantu jagain," katanya.

Ibu dari dua anak perempuan ini mengaku bahwa sebenarnya menjadi seorang barber woman bukanlah hal yang selama ini dia cita-citakan. Namun apa hendak dikata, Yulia terpaksa bekerja demi anak-anaknya.

"Anak saya ada dua. Yang satu kelas 4 SD, yang paling kecil masih umur 2,5 tahun. Perempuan semua. Suami saya sudah almarhum. Meninggal sejak 4 tahun yang lalu. Jadi ya saya bekerja karena tuntutan. Saya punya anak-anak untuk dibiayai," tuturnya.

Ketika ditanya mengenai biaya kehidupan sehari-hari, Yulia menyebut bahwa upahnya bekerja saat ini memang tidak terlalu besar. Namun demikian ia tak lantas berputus asa, apalagi Yulia mengaku bahwa dia masih punya mimpi yang ingin dia wujudkan.


"Dibilang cukup ya, cukup nggak cukup. Ha ha ha dicukup-cukupin lah mbak ya. Kalau harapan saya, saya sih penginnya kerja jadi rias pengantin. Kalau bisa, harapannya mau sekolah rias pengantin. Saya memang dari dulu suka make up. Jadi penginnya, kalau ada modalnya, pengin buka salon rias pengantin. Tapi itu kan harapan aja ya. Kalau pengalaman di rias pengantin sih belum ada. Cuma itu cita-cita saya aja. Mudah-mudahan ada jalannya," tutupnya.
Loading...
Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement

 
('
loading...