Senin, 24 April 2017

Dituding BUMD Ikut Dikampanyekan Ahok-Djarot, Begini Reaksi dari DPRD DKI


Beritaindonesia.co - Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah DKI Jakarta Muhammad Taufik akan mengaudit badan usaha milik daerah (BUMD) yang diduga terlibat dalam pemilihan kepala daerah DKI Jakarta dengan mendukung calon Gubernur dan Wakil Gubernur DKI, Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat.

Taufik menilai beberapa BUMD tersebut dianggap melanggar aturan karena diindikasi terlibat kampanye terselubung di tengah program pemerintah. BUMD yang dianggap melanggar di antaranya Perusahaan Daerah (PD) Dharma Jaya, Food Station Tjipinang Jaya, dan Bank DKI.

"Padahal saya sudah bilang, sudahlah, BUMD jangan ikut kampanye. Ini malah mereka ikutan kampanye," ucap Taufik di rumah pemenangan Anies-Sandi, Jalan Cicurug, Menteng, Jakarta Pusat, Senin, 24 April 2017.

Program BUMD yang berkampanye terselubung untuk kepentingan Ahok-Djarot, ujar Taufik, antara lain berupa pemberian subsidi daging sapi oleh PD Dharma Jaya dengan harga Rp 35 ribu per kilogram kepada warga Jakarta pemilik Kartu Jakarta Pintar (KJP).

Sementara itu, ujar Taufik, subsidi daging tersebut tidak masuk dalam perjanjian penyertaan modal pemerintah (PMP). "Berarti kan daging itu disubsidi. Apakah PMP itu buat subsidi? Kan, enggak. Kalau begitu terus, kan, bisa bangkrut. Misalnya, harga pokok Rp 60 ribu, tapi dijual Rp 35 ribu. Jadi syarat pengamanan kebutuhan pokok itu tidak perlu begitu," tutur Taufik.

Bank DKI, kata Taufik, juga diduga berkampanye karena pemerintah memberikan buku tabungan dengan dalih sebagai pemberian subsidi Kartu Jakarta Lansia (KJL). Program tersebut merupakan besutan Ahok- Djarot.

Menurut Taufik, penerima hak KJL dijanjikan akan diberikan anggaran tersebut setelah tiga bulan buku tabungan dibagikan. Taufik menduga pemberian subsidi tersebut menggunakan mekanisme Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan.


"Untuk sekarang kan anggarannya enggak ada. Makanya mereka (Ahok-Djarot) menjanjikan tiga bulan pakai APBDP," kata Taufik.
Loading...
Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement

 
('
loading...