Minggu, 23 April 2017

Usai Dilakaukan Olah TKP, Akhirnya Polisi Beberkan Penyebab Kecelakaan, Ternyata Bus Tidak Punya Ini.....


Beritaindonesia.co - Polisi telah selesai menggelar olah tempat kejadian perkara (TKP) kecelakaan maut di Tanjakan Selarong, Puncak, Bogor, Jawa Barat. Polisi menemukan kondisi bus pariwisata yang oleng tidak laik jalan.

"Dari hasil olah TKP melihat bagaimana terjadinya kecelakaan lalu lintas. Kita sudah melakukan pengecekan bus tidak punya rem tangan bahkan sudur pengereman atau sudut presisi hanya sedikit," terang Kasat Lantas Polres Bogor AKP Hasby Ristama saat berbincang Minggu (23/4/2017).

Hasby menjelaskan akibat tidak adanya rem tangan itu bus mengalami kegagalan pengereman. Hasby menyebut tidak adanya rem membuat bus tidak laik jalan.

"Tidak ada rem tangan dan kampas remnya juga sedikit. Jelas bus itu tidak laik jalan," tegas Hasby.

Hasby menampik jika kontur tanjakan Selarong menjadi penyebab kecelakaan. Menurutnya sudut kemiringan tanjakan tersebut sudah memenuhi aturan yang berlaku.

"Kalau kontur jalan bagus, sudut kemiringan 1 derajat hingga tiga derajat yang tidak boleh itu 10 derajat," jelasnya.

"Kontur jalannya bagus, hanya bahu jalannya saja yang tidak ada," sambung dia.

Sebelumnya diberitakan kecelakaan beruntun bus pariwisata dengan 12 kendaraan lainnya terjadi di tanjakan Selarong, Puncak, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (22/4). Kecelakaan itu menyebabkan empat orang tewas.

Di lokasi kejadian, mobil dan motor yang terlibat kecelakaan hancur tak berbentuk. Polisi menyebut rem bus yang blong serta jalanan licin menjadi penyebab kecelakaan tersebut.


"Bus rem blong, HS Transport menuju arah bawah dari arah Puncak. Rem blong, situasi jalan licin karena hujan akhirnya menabrak kendaraan dari arah berlawanan di depan maupun dari arah berlawanan," ujar Kapolres Bogor AKBP AM Dicky Pastika Gading.
Loading...
Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement

 
('
loading...