Senin, 24 April 2017

Begini Suasana Sidang Jelang Pembacaan Pledoi Ahok di Kementan


Beritaindonesia.co - Terdakwa Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) akan membacakan nota pembelaan (pledoi) pada sidang kasus dugaan penistaan agama hari ini. Sejak pagi personel polisi sudah berjaga di sekitar lokasi Gedung Kementerian Pertanian (Kementan) untuk pengamanan.

Pantauan di depan Gedung Kementan yang menjadi lokasi sidang Ahok, JL RM Harsono, Ragunan, Jakarta Selatan, Selasa (25/4/2017), sejak pukul 06.00 WIB polisi sudah berjaga di lokasi. Ada kendaraan taktis yang sudah siaga dan terlihat juga polisi melakukan briefing sebelum sidang dimulai.

Personel kepolisian siaga mengamankan sidang AhokPersonel kepolisian siaga mengamankan sidang Ahok. 

Selain polisi, beberapa anggota TNI juga turut serta dalam pengamanan. Prajurit TNI tersebut berada di luar kawat berduri, sementara personel polisi berada di dalam kawasan yang dikelilingi kawat berduri.

Kawat berduri memisahkan massa pro dan kontra AhokKawat berduri memisahkan massa pro dan kontra Ahok.

Sekitar pukul 08.00 WIB, massa aksi mulai berdatangan di depan Gedung Kementan. Massa pro Ahok berada di sisi utara sedangkan massa kontra Ahok berada di sisi selatan Kementan.

Massa pro Ahok memakai kaos hijau berorasi di depan Gedung KementanMassa pro Ahok memakai kaos hijau berorasi di depan Gedung Kementan.

Massa pro Ahok memulai aksi mereka dengan menyanyikan lagu kebangsaan seperti '17 Agustus 1945', dan 'Maju Tak Gentar' dari sound mobil komando. Selain lagu kebangsaan, mereka juga menyanyikan lagu pop band Indonesia dan lagu dangdut. Sambil bernyanyi mereka juga mengibarkan bendera merah putih.

Mereka mengenakan baju berwarna hijau yang bertuliskan 'Ahok Adalah Kita, Ahok Adalah Mutiara Bangsa'. Ada juga beberapa yang mengenakan pakaian kotak-kotak seperti biasanya.

Massa kontra Ahok di depan Gedung Kementerian PertanianMassa kontra Ahok di depan Gedung Kementerian Pertanian.

Sedangkan massa kontra Ahok memulai aksinya dengan recorder ceramah dari sound mobil komando. Puluhan massa mulai berdatangan mengenakan pakaian putih dengan atribut masing-masing. Beberapa terlihat membawa bendera, dan atribut lainnya.

Massa kontra Ahok di depan Gedung Kementerian PertanianMassa kontra Ahok di depan Gedung Kementerian Pertanian.

Sudah ada 2 mobil komando yang terparkir dibelakang pagar kawat berduri dengan tulisan 'Hukum Mati Koruptor dan Bandar Narkoba' dan 'Pembela Agama dan Negara'. Adapula posko kesehatan di massa kontra Ahok.

Massa kontra Ahok di depan Gedung Kementerian PertanianMassa kontra Ahok di depan Gedung Kementerian Pertanian.

Kapolres Jaksel Kombes Iwan Kurniawan mengatakan pola pengamanan dibagi menjadi 4 ring. Pengamanan itu mulai dari dalam ruangan sidang sampai simpul-simpul jalan dan area tempat massa melakukan orasi.

"Ya ini pengamanan ada 4 ring, di dalam sidang dan sampai ke luar ke simpul-simpul jalan dan tempat massa orasi," tutur Iwan di lokasi.

Pembatas yang menutup Jalan RM HarsonoPembatas yang menutup Jalan RM Harsono.

Iwan mengatakan pada sidang kali ini, ada penambahan personel polisi untuk mengamankan jalannya sidang. Hal itu dilakukan sebagai langkah antisipasi dalam mengamankan massa.

"Kita ada sedikit perubahan terutama perkuatan personel memang kita tambah, dari pengamanan-pengamanan sebelumnya ini untuk mengantisipasi persoalan dan permasalahan yang akan timbul," kata Iwan.

Begini Suasana Jelang Sidang Pembacaan Pledoi Ahok di Kementan

Dia menyebut alasan penambahan personel ini dilakukan mengingat adanya informasi yang beredar tentang ajakan bagi masyarakat untuk mengawal sidang Ahok. "Saya juga dapat informasi banyak masyarakat yang akan mengawal ke sidang di Kementan ini," ujar Iwan.

Iwan menegaskan pihaknya selalu siap untuk melakukan proses pengamanan sidang sesuai prosedur yang ada. Dia berharap sidang dapat berjalan tertib.


"Kita berharap sidang berjalan dengan lancar, aman, tertib dan juga massa baik itu dari pro dan kontra bisa menyalurkan aspirasi mereka secara tertib," tegasnya.
Loading...
Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement

 
('
loading...