Jumat, 21 April 2017

Ahok Jadi Mendagri, Ini Respon Spontan Yusril Ihza Mahendra



BeritaIndonesia.co - Rumor soal Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, dikabarkan akan diangkat Presiden Joko Widodo sebagai Menteri Dalam Negeri setelah tak lagi jadi gubernur semakin santer terdengar.

Menanggapi rumor tersebut, pakar hukum tata negara Yusril Ihza Mahendra pun angkat bicara. Meski kabar tersebut datang dari media sosial (medsos) .

Menurut Yusril, walaupun Ahok dilantik Presiden Jokowi menjadi Mendagri, namun kemungkinan Ahok akan melantik Anies-Sandi sangat kecil.

Dia menjelaskan, bahwa berdasarkan Pasal 163 UU No 10 Tahun 2016 tentang Perubahan Kedua UU Pemda dengan tegas mengatakan bahwa Gubernur dan Wakil Gubernur dilantik oleh Presiden di Ibu Kota Negara. Bila Presiden berhalangan, maka dilantik oleh Wakil Presiden.

"Jika Presiden dan Wakil Presiden sama-sama berhalangan barulah dilantik oleh Mendagri," kata mantan Menteri Hukum dan HAM era presiden Gus Dur dalam keterangan yang diterima Netralnews.com, Jumat (21/4/2017).

Karena dengan demikian, kata pakar hukum tata negara ini, bahwa kemungkinan Ahok (Jika jadi Mendagri) melantik Anies-Sandi, itu sangat kecil.

"Kalau benar dilantik jadi Mendagri oleh Presiden Joko Widodo, melantik Anies dan Sandi menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur DKI itu sangat kecil kemungkinannya. Bisa dikatakan itu hanya dagelan belaka," ujar Ketua Umum Partai Bulan Bintang ini.

Sebelumnya diisukan, pada tanggal 25 agustus 2017 nanti akan ada Reshuffle Kabinet Kerja. Salah satu menteri yang diganti adalah Tjahjo Kumolo dan akan digeser untuk mengisi kursi menteri yang lain. Sementara Ahok ditunjuk sebagai pengganti Tjahjo sebagai Menteri Dalam Negeri (Mendagri).

Meski demikian, sebelumnya, Ahok akan terlebih dahulu mengundurkan diri dari gubernur DKI dan digantikan oleh Djarot Syaiful Hidayat sebagai PLT hingga masa jabatan berakhir pada bulan Oktober 2017 mendatang.

Nah, setelah dilantik menjadi mendagri, Ahok dikabarkan akan melantik Gubernur dan wakil Gubernur terpilih, Anies - Sandi pada bulan oktober 2017 nanti.

Selain itu, isu soal pos menteri yang bakal diisi oleh mantan calon gubernur DKI Jakarta 2017-2022 itu juga telah dibahas oleh para nitizen dari lembaga dunia maya, alias media sosial (Medsos) pada dua hari terakhir, sejak berita kekalahan Ahok-Djarot di pilkada putaran kedua, Rabu (19/4/2017). Jika kabar ini benar, maka bersyukurlah Ahok, bahkan kekalahan Ahok membawa berkah baginya dan masyarakat luas di Indonesia.
Loading...
Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement

 
('
loading...